Macam macam ,contoh,dan jenis laporan

## NotaID: 1, 31/01/2016 07:06:14
Macam-macam, jenis dan Contoh Laporan





Untuk lebih jelas mengenai jenis jenis laporan, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini :

1. Jenis-jenis laporan berdasarkan bentuknya
Laporan merupakan suatu bentuk penyampaian berita,keterangan, pemberitahuan ataupun pertanggungjawaban baik secara lisan maupun tulisan dari bawahan kepada atasan sesuai dengan hubungan wewenang ( authority ) dan tanggung jawab (responsibility) yang ada antara mereka.
Berdasarkan bentuknya, laporan sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

Laporan yang berbentuk memo. Biasanya laporan pendek yang memuat hal – hal pokok saja, dan beredar di kalangan intern organisasi.

Laporan berbentuk Surat, isinya lebih panjang daripada laporan yang berbentuk memo, sekitar tiga lembar folio. Bisa ditujukan ke luar organisasi.

Laporan berbentuk naskah. Laporan ini bisa panjang atau pendek. Bila panjang dibuat dalam format buku, dan dalam penyampaiannya mutlak diperlukan surat atau memo pengantar.

Laporan berbentuk Campuran. Laporan ini tidak lain gabungan antara bentuk naskah dengan memo atau surat. Dibuat begini karena isinya cukup kompleks sehingga harus dipadukan dengan bentuk naskah agar pengkodean bagian – baiannya lebih mudah dilakukan.

2. Jenis laporan berdasarkan waktu penyampaiannya
Berdasarkan waktu penyampaiannya , laporan dibagi atas :

Laporan Insidental. Laporan ini tidak disampaikan secara rutin, hanya sekali- sekali saja dalam rangka suatu kegiatan yang tidak terjadwal tetap.

Laporan periodic. Ditulis dalam suatu periode tertentu dan dinamai sesuai periodenya pula. Contoh: Laporan harian, Mingguan, Bulanan dan seterusnya.

3. Jenis laporan berdasarkan maksud pelaporannya
Berdasarkan maksud pelaporannya, laporan dibagi atas :
dimaksudkan untuk memberi informasi dan bukan dimaksudkan untuk memberi analisis atau rekomendasi. Titik pentingnya adalah pemberian informasi yang akurat dan terinci. samping memberikan informasi juga menyertakan pendapat si pelapor, dengan maksud memberikan rekomendsasi (usul yang tidak mengikat). Meski demikian akurasi dan rincian informasi tetap diperlukan supaya rekomendasi yang diberikan juga meyakinkan. sumbangan pikiran si pelapor, bisa berupa pendapat atau saran, setelah melalui analitis yang matang dan mendalam. Kebanyakan laporan akademis berada pada kategori ini. pelapor memberi gambaran tentang pekerjaan yang sedang dilaksanakan (Progress report) atau sudah dilaksanakan (bersifat evaluatif).
Laporan Kelayakan (feasibility report).

contoh laporan

1. Laporan Kegiatan
Contohnya : “Dalam acara porak tersebut, dilaksanakan dua kegiatan yaitu pertandingan olahraga dan kreasi seni antar kelas. Pertandingan olahraga dilaksanakan tanggal 10-13 Juni 2014. Sedangkan kreasi seni dilaksanakan pada tanggal 14-16 Juni 2014. Pertandingan olah raga berupa futsal,basket dan bola voli antar kelas. Sementara kreasi seni berupa pentas nyanyi solo, band, dan dance………..”


2. Laporan Kunjungan
Contohnya: “ Selama 1 minggu rombongan yang dipimpin oleh manager PT.Asri selalu sukses telah melakukan lawatan di 2 tempat. Tempat pertama yang berlokasi di Jl.Sudirman. Sementara tempat kedua adalah Ruko kelapa gading berlokasi di Jl. Ahmad Yani Kabupaten Tasikmalaya. Dalam sidak ditemukan…..”


3. Laporan Perjalanan/Wisata
Contohnya: “Angin yang berhembus sepoisepoi ditemani dengan gemuruhnya ombak semakin menambah takjub kami akan keindahan pantai santolo Garut. Apalagi disepanjang pantai kami temui beberapa batu karang yang menambah indahnya pemandangan. 5 jam kemudian, kami dapatkan sebuah tempat yang berliku, air terjun curug orok namanya. Yang merupakan panorama yang tak kalah indahnya dengan tempat sebelumnya…”


4. Laporan Penelitian
Contohnya: “….Dalam praktik kami tadi, dapat disimpulkan bahwa kita dapat membuat pupuk kompos secara mudah hanya dengan menggunakan dedaunan busuk dan kotoran hewan. Itu akan mempercepat pembusukkan dengan bantuan bakteri-bakteri…”


5. Laporan Hasil Diskusi
Contohnya: “…..Diskusi tentang cara menanggulangi kenakalan remaja ini dilaksanakan pada tanggal 27Mei 2014. Pemateri 4 orang. Moderator dan notulen masing-masing 1 orang. Sementara peserta 37 orang. Hasil diskusi tersebut adalah sebagai berikut: 1…., 2…., 3…, …”


6. Laporan Keuangan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lirik lagu nganchuk crew AYO MENDEM

sel saraf sensorik,motorik dan intermediet

Lirik lagu nganchuk crew ayo ngombe arak